Pengertian Balance Scorecard

Pengertian balance scorecard
Terdapat 4 (empat) perspektif dalam balanced scorecard (BSC) yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Keempat perspektif ini menjadi landasan dalam membuat balanced scorecard (BSC) bagi perusahaan Anda.
Apakah yang dimaksud dengan Balanced Scorecard dan bagaimana cara mengukurnya?
Pada dasarnya, Balance Scorecard (BSC) merupakan kartu berimbang yang digunakan sebagai media untuk mengukur aktivitas operasional yang dilakukan sebuah perusahaan. Dengan BSC, perusahaan menjadi lebih tahu sejauh mana pergerakan dan perkembangan yang telah dicapai.
Apa yang Dimaksud dengan Balance Scorecard dan apa saja Diterdapat didalam Balance Scorecard tersebut?
Balanced scorecard merupakan suatu sistem manajemen strategik atau lebih tepat dinamakan suatu “Strategic based responsibility accounting system” yang menjabarkan misi dan strategi suatu organisasi kedalam tujuan operasional dan tolak ukur kinerja untuk empat perspektif yang berbeda, yaitu perspektif keuangan (
4 Langkah Penerapan Balanced Scorecard?
Empat Perspektif Dalam Penerapan Balance Scorecard
- menjelaskan visi organisasi.
- menyelaraskan organisasi untuk mencapai visi itu.
- mengintegrasikan perencanaan strategis dan alokasi sumber daya.
- meningkatkan efektivitas manajemen dengan menyediakan informasi yang tepat untuk mengarahkan perubahan.
Apa tujuan perusahaan menerapkan Balanced Scorecard?
Lebih jauh balanced scorecard memiliki fungsi sebagai berikut: Sebagai alat ukur perusahaan apakah visi dan misi yang dianut telah tercapai. Sebagai alat ukur keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan Anda. Sebagai panduan strategis untuk menjalankan bisnis Anda.
Bagaimana cara Balanced Scorecard bekerja?
Proses pengembangan Balanced Scorecard di suatu perusahaan melibatkan beberapa langkah, Berikut adalah rangkumannya:
- Tetapkan visi masa depan yang jelas.
- Tentukan tujuan strategis.
- Tentukan faktor penentu keberhasilan.
- Pilih indikator untuk mengukur dan memantau kinerja.
- Tetapkan tujuan, rencana tindakan, dan inisiatif.
Faktor apa yang mempengaruhi perusahaan untuk menggunakan balance scorecard?
- perspektif keuangan, sumber atau asset/harta 2 perspektif kemampuan dan kerapihan operasional 3 perspektif pembelajaran/kualitas pengetahuan bersama 4 perspektif kualitas hubungan dengan pihak-pihak terkait di luar organisasinya.
- Perspektif keuangan. ...
- Perspektif proses bisnis internal.
Kapan balanced scorecard digunakan?
Pada awalnya Balanced Scorecard atau disingkat BSC digunakan untuk memperbaiki sistem pengukuran kinerja eksekutif. Dengan Balanced Scorecard (BSC) perusahaan jadi lebih mengetahui sejauh mana pergerakan dan perkembangan yang telah dicapai.
Apa hubungan BSC dan manajemen kinerja?
Balanced scorecard awalnya diciptakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Tetapi seiring berkembangnya jaman dan banyaknya tuntutan, balanced scorecard mulai digunakan untuk menilai kinerja karyawan yang kemudian dikembangkan dan dikaitkan dengan manajemen kinerja perusahaan.
Bagaimana peran Balance Scorecard sebagai alat evaluasi strategi?
Balanced Scorecard merupakan alat untuk memantau keputusan strategis yang diambil oleh perusahaan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan sebelumnya dan yang harus menembus setidaknya melalui empat aspek – keuangan, pelanggan, proses internal dan pembelajaran & pertumbuhan.
Mengapa Balance Scorecard dipandang penting untuk mengukur kinerja perusahaan?
Manfaat Balanced Scorecard Memungkinkan perusahaan untuk terus memantau hasil-hasil dalam bidang keuangan yang dicapainya, dengan tetap memantau perkembangan dalam membangun keunggulan kompetitif dan meningkatkan nilai aktiva tak berwujud yang dibutuhkan bagi masa depan perusahaan.
Bagaimana penggunaan BSC dalam sebuah organisasi?
Penggunaan balanced scorecard pada organisasi dan bisnis dapat menciptakan strategi dan memaksa tim eksekutif untuk berpikir keras tentang hubungan antara tujuan strategis, inisiatif, dan metrik yang diperlukan untuk membantu keberhasilan (tindakan utama) maupun menentukan keberhasilan aktual (tindakan yang
4 Siapa yang menyusun balanced scorecard?
Balanced Scorecard (BSC) merupakan strategi manajemen yang dikembangkan pada tahun 1990 oleh David Norton dan Drs. Robert Kaplan.
Apa yang menyebabkan penerapan balance scorecard mengalami kegagalan?
Karena disebabkan (Kaplan dan Norton, 2001) : 1. Kurangnya komitmen yang kuat dari manajemen tingkat atas 2. Terlalu sedikit individu yang terlibat 3. Balanced scorecard hanya disimpan di atas 4. Proses pengembangan yang terlalu lama; BSC sebagai satu proyek pengukuran satu-waktu 5. Memperlakukan BSC sebagai suatu
Apakah kunci keberhasilan dalam implementasi balanced scorecard?
BSC ditujukan untuk meningkatkan kredibilitas, maka yang harus diperhatikan adalah, pertama, sasaran harus konsisten dengan visi komprehensif dan strategi menyeluruh. Kedua, ia harus realistis dan dapat dicapai. Ketiga, sasaran harus ambisius untuk memacu organisasi berkembang.
Apa saja yang menjadi kesulitan dalam penggunaan balanced scorecard di sebuah perusahaan?
Hindari 5 Hal Ini Dalam Penggunaan Balanced Scorecard
- Strategi yang Tidak Jelas.
- Eksekusi yang Terlalu Rumit. ...
- Metrik yang Tidak Jelas. ...
- Pengumpulan Data maupun Pelaporan Hasil yang Tidak Efisien. ...
- Struktur Proses Review Metrik yang Buruk.
Bagaimana hubungan antara Balance Scorecard dengan strategi perusahaan?
Balanced Scorecard merupakan suatu sistem inti dalam manajemen strategis dalam menerjemahkan dan mengimplementasikan strategi dan tujuan perusahaan. Dalam manajemen strategis, Balanced Scorecard memiliki peranan dalam menciptakan dan memilih strategi, menerapkan serta mengevaluasi kinerja.
Apa keunggulan Balance Scorecard dibanding metode penilaian kinerja lainnya?
Balance Scorecard bisa digunakan untuk panduan desain laporan dan papan pedoman kinerja. Ini memastikan bahwa pelaporan manajemen berfokus pada hal yang tertunda dalam masalah strategis dan membantu perusahaan untuk memantau eksekusi dari rencana mereka.
Apa saja kelemahan dalam balance scorecard?
Kelemahan Balanced Scorecard Korelasi yang buruk antara ukuran perspektif non-finansial dan hasilnya. Tidak ada jaminan bahwa keuntungan masa depan akan mengikuti pencapaian target dalam perspektif non-finansial.
Apa saja perspektif yang dihasilkan dari laporan balanced scorecard?
Konsep Balanced Scorecard mengukur kinerja suatu organisasi dari empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif customer, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Post a Comment for "Pengertian Balance Scorecard"